Pencarian

21 August 2008

Liwet yang tak ter-Lewat-kan ( Surakarta bagian II)

Bersila sambil memandang rembulan yang menggantung di langit solo , mata imajinasi saya seolah-olah melihat koin perak raksasa yang berkilat, sinarnya menerpa wajah para pecinta kuliner nasi liwet Patung Pandawa malam ini, sejenak saya hirup dalam-dalam udara malam yang hangat ( dibanding udara ekstrim malang ) agar indera peraba saya lebih "berkenalan" dengan temperatur jawa tengah.

Di sebelah sayup-sayup saya mendengar derai tawa pemuda-pemudi yang sedang berkumpul di warung lesehan sepanjang jalan Patung Pandawa Lima Solo Baru , kira-kira 10 meter dari tempat saya duduk bersila. Long weekend.. pasti mereka tidak mau melewatkan begitu saja, meskipun hanya sekedar nongkrong ato ngobrol ngalor ngidul , kawasan ini memang asik untuk menghabiskan malam minggu


Seorang wanita berkebaya khas jawa dengan rambut memutih yang disanggul kecil, menyodorkan dua bungkusan daun pisang berisi nasi liwet, sedangkan cucu nya yang masih abg sibuk membuat teh hangat untuk kami, Weekend kali ini , sambil ditemani seorang bodyguard teman , saya berbincang kesana kemari, meskipun duduk diudara terbuka namun semakin malam suasana makin hangat ( saya tidak bisa membayangkan kalo lesehan seperti ini ada di malang, bisa² kena flu tulang dan asam urat langsung kumat).


Trotoar yang harusnya dipakai untuk pedestrian ini telah disulap menjadi warung sederhana beralas tikar , kami menikmati makan malam hemm.. masakan yang berbumbu khas jawa tengah ini bisa memanjakan lidah "kulonan" saya ( mirip masakan mbah putri )


usai menuntaskan hasrat kuliner nasi liwet solo baru, badan udah mulai kerasa pegal-pegal efek dari seharian tadi duduk di bis sumberkencono sby-solo fyuhh.. , dalam perjalanan balik ke penginapan , jalanan solo penuh dengan pameran dari klub-klub motor yang berjajar , mulai dari vespa sampai sepeda onthel , komunitas otomotif memang selalu ada dikota-kota seluruh indonesia, mudah dijumpai setiap malam minggu mereka biasanya nongkrong bareng menghabiskan malam panjang.

Yepp, tepat jam 22.45 batere energi saya sudah mulai low, mata pengen nya merem, dan punggung rasanya sudah minta relaksasi diatas kasur penginapan kelas backpacker, saya merebahkan diri dan terlelap hingga pagii

***

Kota ini punya kesan tersendiri buat saya, selain dekat dengan tanah kelahiran, ternyata dahulu kedua orang tua saya pun sering maen kesini, pasar klewer dan kota barat menjadi saksi bisu masa muda mereka untuk berdagang kain batik atau sekedar hobi bersepeda ngawi-solo gilakk...

Aghh... saya ingin kembali pulang ke solo, kali ini bukan untuk berwisata lagi, namun menghabiskan masa muda saya juga disana ... dan seterusnya sampai masa tua, mungkin...

* catatan HUT-RI ke 63 halaman kedua,

84 komentar:

  1. Telor sama sayur manisa itu yang bikin ngiler, Salam

    ReplyDelete
  2. yepp.. bikin laperr pa lagi sy blm sarapan pak :D, tp sy lbh suka bungkus eksklusif nya ( daun pisang ) pa lagi pecel bungkus daun jati... mak nyusss pemirsah

    ReplyDelete
  3. huaa....jd pengin nasi liwet...

    ReplyDelete
  4. aku agustusan malah cari duit :)

    hehehe.. buat lebaran :)

    ReplyDelete
  5. wach makan makan lagi nich...

    mau2...

    ReplyDelete
  6. Wah.. aroma nasinya tercium sampe sini.....
    Tapi gak kena debu kan? ;)

    ReplyDelete
  7. gak dunk bu, jalanan nya sepi kok n boulevardnya bersihh ^___^ ayoo.. ns liwetnya dicoba-coba..

    ReplyDelete
  8. enam tahun hidup di solo. dan selalu bermimpi untuk bisa kembali kesana :)

    ReplyDelete
  9. ndak prlu mmpi , maen aja ke solo mas :D. moso krj trus ga ada liburnya hehe.. tks dah mampir.

    ReplyDelete
  10. okeeyy... blh juga next trip planning nya goes to jogjaaahh..

    ReplyDelete
  11. kangen nasi liwet, hik, sego kucing...
    tapi ra popo, wis entuk karcis dinggo mudik suk tgl 25 sept... ;)
    matur nuwun mbakyu...

    ReplyDelete
  12. Selamat datang dech kalo gitu. Selamat bergabung juga, meski sekarang aku juga ndak di Solo. Tapi teuteup Solo kayaknya sudah jadi home.

    ReplyDelete
  13. wah jd kangen ma solo euy

    maklum...bapak orang solo, jd keknya bentar lagi bakalan kesana dech....

    ReplyDelete
  14. hmmm nasi liwet yg terkenal di SOlo adalah nasi liwet bu wongso lemu di daerah Keprabon. namun lucunya, para penjual ini berasal dari desa Baki yg ndak jauh dari tempat kamu makan itu..

    jadi inget makan nasi liwet malam-malam, eh dini hari di solo baru itu.. hohohoho..

    oiya, soal tempat unik lain di Solo, ada di beberapa tulisan saya..

    ReplyDelete
  15. solo memang sipp mbak saya oaling suka nongkrong di hic alias nasi kucing klo pas ke solo sambilngobrol sama teman2..salam dah lama ndak mampir nih

    ReplyDelete
  16. itu yang diblur carefour ( nulisnya bener ngga sih ) ya ?
    ckckckck

    ReplyDelete
  17. Pernah maem Gudeg Ceker ndak??? kalau belum, pas ke Solo hubungi aku, nanti aku traktir dech!.... (tapi, buka-nya jam setengah dua malam... ihik...ihik...)

    ReplyDelete
  18. Hai teman, selamat menjalankan ibadah puasa yah...

    Sebelumnya saya mohon maaf lahir dan bathin

    ReplyDelete
  19. jadi rindu makan nasi liwet juga ;)
    arek malang nih :)
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  20. Wah aku emang terkesan dengan nasi Liwetnya Solo, (warung depan hotel deket stasiun solo balapan). Tapi sayang kemaren pas ada tugas jadi pengawas ujian di SMAN 1 Surakarta (9 AGustus) g sempet beli nasi liwet lagi :( Tapi sempet beli batik yang keren2 buat mom and dad and sister :D
    Liwet..liwet..liwet.. yummmy...

    ReplyDelete
  21. ini krida bloger keren asal solo he he
    hampir setip minggu gue lewat patung pandawa soalnya harus pulang ke wonogiri he he,,, main aja ke wonogiri lebih asyik lhoooo

    ReplyDelete
  22. "....Aghh... saya ingin kembali pulang ke solo, kali ini bukan untuk berwisata lagi, namun menghabiskan masa muda saya juga disana ... dan seterusnya sampai masa tua, mungkin... ...."


    Hah!!!!! benarkah ini pertanda akan ada janur kuning melengkung???!!!! saya tunggu aja kabarnya..

    btw, nasi liwetnya emang enak kok!

    ReplyDelete
  23. Assalaamu'alaikum
    Jeng yang ehem... saya mampir yah, ikutan yang lain ngintip kegiatan jalan2nya... Asik yah andaikan aku jadi bodyguardnya... :D

    ReplyDelete
  24. sumpah...nasi pake dibungkus daun pisang uuennakk tenannnn...jadi kangen nih makan2 gituan...

    ReplyDelete
  25. membaca tulisan ini lalu saya membayangkan kalo saya berkebaya ... cantik gak yah? apa norak !!

    ReplyDelete
  26. wah... tenan ki!

    nasi liwet... merem melek saya membayangkan nikmatnya

    ReplyDelete
  27. ini critanya trip ke Solo dlm rangka apa ya? ada critanya gak si? kapan2 mampir Yogya.

    ReplyDelete
  28. wahhh kepengen deh kayaknya jalan2 kesana juga

    terima kasih informasi menariknya yah

    ReplyDelete
  29. hehe ya ya y mantap deh jadi pingin :) http://kimpuler.com

    ReplyDelete
  30. Oalah, habis dolan ke Solo tho mbak? Aku wong Solo je, hehe. Kapan2 pinarak ke Solo lagi ya.

    ReplyDelete
  31. @abuhuwaidah : nggih pak sami2, mtrnuwun sampun pinarak dhateng griya kulo

    @afwan auliyar : sepp.. jgn lupa kuliner sego liwet nya mas

    @zam : sepp boss.. thx inpo kuliner nyah , meluncurr..

    ReplyDelete
  32. @apiscerana : monggo mas ,,, thx dah mampir yach

    @ekspresihati : nasi kucing mskipun sak ipit tp sgt unik n khas ya mas,thx juga dah mmpir.

    @mata : sanes pak mata, sakmeniko A*fa ( dilarang menyebut brand produk) wekekek

    @Andi MSE : wuihhh... seru juga nih undangan trktiran gudeg nya, thx mas andy

    @arul : yes , kerangalam , lam knl blik mas arul.

    @dhega : aq malah ndak nyempatin beli batik mas, tkut binun milih saking banyaknya yg jualan batik :D

    @krida : wonogiri , boleh juga mas :D kmrn blm sempat menjamah wonogiri n pepaya boyolali.

    ReplyDelete
  33. @gempur : ehhehe.. :D pak gempur ini emang plg jeli ;)) xixixi,, no comment deh :P

    @kurt : halo mas kurt , makasih dah mampir, ya wes monggo klo mo join kuliner :D


    @ziq: pa lagi yg bungkus daun jati , wehh,, mantebbb..

    ReplyDelete
  34. @rinduku : pasti canteekk lah jenk, skrg batik dah mendunia gt loh

    @peyek : lha mas sendiri kok ga join di piring?? *nasi liwet+peyek=mak nyuss..

    @masciput : betulll

    @kang Nur : siap kang, next trip goes to Jogjaahh

    @ gelandangan : sama mas , makasih dah mmpir ya :D

    @jonar : mas , lama ndak nguburl

    ReplyDelete
  35. kapan pulang ke ngawi?
    ayo "maju bersama membangun kota" !!

    ReplyDelete
  36. Hai,Met kenal dariku.Nasi bungkusnya bikin ngiler nih,..

    ReplyDelete
  37. @Dony Alfan : injih mas, insy pasti balik lg ke sana sekalian kopdar gitu ya :D eheheh

    @kota ngawi : pas lebaran , blogger ngawi ada acara po ra mas? aq arep join blog e kok ra iso, piye jal ?

    @paddi : lam kenal jg mas, waduh jauh ya dr makasar nech , thx dah mmpir :D

    ReplyDelete
  38. ahhhh!!!
    salahku siang2 maen ke blog sampeyan.
    jadi LAPER!!!
    (maghrib masih lama enggak ya?? apa mokel aja :P)

    ReplyDelete
  39. @mas budi: ojo mokel mas, diluk engkas lak wes bedhug :D

    ReplyDelete
  40. waduhh jenk dhetea, kok ndak kontak saya kl jeng2 ke solo. kan bisa kopdar di solo.
    *mbayangin kopdar di solo dg sesama globber*

    ReplyDelete
  41. @jenk lady : masya'allahh,, ternyata bnyk bgt temen2 blogger dr solo yach, yawes kpn2 qt kopdar jenk , bt temen2 blogger solo jgn lupa join ke http://pasarsolo.com yach.. mtrnuwun.

    ReplyDelete
  42. waw.. aku seperinya tau tuh sapa yang naek sepeda aneh.. si "G" pastinyo, yo kan mbake :D

    ReplyDelete
  43. Keren.........
    Udah lama sih saya pengen ke solo, tapi belum ada waktu

    ReplyDelete
  44. tapi dah diganti carefour kok alfanya

    hahahaha

    ReplyDelete
  45. @tito : si G sapa yank e, ayas kadit itreng :-??

    @hair : mas hair , kpn qt bs ktmu nhe , temen e mas noki jg ya?

    @pak mata : met puasa ya pak , tmbh rame ja rumahnya :D

    ReplyDelete
  46. wekekekek.. si g itu lo mbak.. sing sepedane gedene sak awak'e :P

    *ngacirrrrrrrrrrrrrr :D

    ReplyDelete
  47. astagaaaa... as***mmmm..
    lho ya malah mblayuu ik... wo00o..

    *nguber smbil bw sapu

    ReplyDelete
  48. Kangen pengen icip2 liwet Solo dan hang out di malam hari di Solo....

    Lho blog punya-mu jua selalu di kerebutin ma para penggemarnya kok. ;)

    ReplyDelete
  49. Solo kota yang menarik, aku pernah ke solo kendati hanya 2 jam saja. Salam kenal

    ReplyDelete
  50. hemm enak nih kalo buat sahur..he2..met puasa juga ya...

    ReplyDelete
  51. assalamu'alaikum wr.wb
    salam perkenalan dan silaturahiem dariku. mari kita buka keran-keran kebebasan pemikiran dan gagasan diruang virtual dengan memperat silaturhiem; intelektual, emosioanl, spiritual...
    dinanti kunjungan baliknya...

    ReplyDelete
  52. waduh bos.. jadi pengen ke solo nih... suasanya kaya jogaja tah ??

    ReplyDelete
  53. Duh enak banget deh kalo jadi menu sahur..aku lom pernah kemalang si...katanya apelnya juga terkenal tuh mba... Salam kenal aje yah..

    ReplyDelete
  54. @dhie: monggo mas pinarak ke solo..:D

    @Zul : salam knl jg mas Zul, mtrnuwun udah mampir yach..

    @noersam : makasiii.. mas nur :D

    @kang Yayan : waalaikumslm wr wb, siap boss.. meluncur ke wordpress yayansyah

    @ario saja : monggo mas ke solo, dijamin seru liburannya, sama aja kok malah di solo lalu lintasnya sepi ga kyk di jogja bnyk macet , seni n budaya jg kental bangett.. ditggu kedatangannya di solo ;)

    @Budimeeong : pastinya mas pa lg tmbh kerupuk+ sambal weww.. eh inget msh pwasa kiy. klo mo apel yg murah n seger dtg ja di desa wisata poncokusumo - tumpang, disana bisa mborong murah , klo pas panen bisa metik sndiri lohh ^__-

    ReplyDelete
  55. begitu kejamnya kaw hingga membuatku ngiler sepagi yang dingin ini hehehe salam ! :)

    ReplyDelete
  56. yay.. dulu sering main ke Solo kok ga pernah nemu patung itu ya.. hiks

    ReplyDelete
  57. haduhhh, siang-siang puasa gini lihat nasi liwet komplit ada ndognya, ngilerrrrrrr **salam kenal mbak**

    ReplyDelete
  58. siang siang nonton sego liwet, jadi laper inih. padahal puasa. hehehe

    ReplyDelete
  59. soal makanan terus :-) ya Allah kuatkan hambamu...

    ReplyDelete
  60. deskripsi suasananya mantab abis, jenk dhetea, hehehehe .... suasana surakarta selalu mengingatkan saya akan harmoni hidup khas orang jawa yang santun dan lembah manah, mbak.

    ReplyDelete
  61. bikin ngiler aja nich postingannya :D

    ReplyDelete
  62. nasi liwet nya enak tuh, pernah nyoba, he he he, nambah lagi

    ReplyDelete
  63. itu nasi liwet nya telor+sayur labu ya?
    wuiii sederhana tapi menggugah selera..

    palagi daerah sana murah2 ya harganya..
    (emang brapa harganya??)

    -Salam kenal Teh

    ReplyDelete
  64. @warmorning : muup..muup.. mas :D ampun yach, namanya jg pcinta kuliner

    @fanzswit : sama , aq jg lap***** *titt sensored , cos lg pwasa

    @Chic : apa mgkin patungnya msh br dibuat ya??

    @afwan auliyar : pengennya seh jalan2 terus hehe.. segera mas..

    @iway : heuhehe.. ya ntr buka pwasa pake ns liwet mas , yup lam knl balik ^__-

    @ipul bangsari : maap ya mas heheh.. :D sengaja kok :P

    @eko : aminn... mas :D

    @sawali tuhusetya : iya pak, saya juga betah banget disana , solo tu sprti rmh kedua saya :D

    @emfajar : hayoo..pwasa ndak?? :P

    @adinata : mas adi , maem nya lahap juga yach :D

    @bagjapatria :yep, hrga nya murah mas ga sampek 5rb/porsi.dr bndung yak? kok teh heheh..

    ReplyDelete
  65. Enak tuh...
    Nasi Liwet di Solo Baru kan? :P

    *orang solo di sini*

    ReplyDelete
  66. kok mak glugg, lagi puasa baca ini ya..wahhhh

    ReplyDelete
  67. wah mbak dhetea....
    klo tertari tentang solo mbok beli merchendaise kami............
    heuheu........
    kan dah liat di http://ilovesolo.wordpress.com
    murah lho mbak........

    ReplyDelete
  68. Aku sering ke Solo (karena ada keluarga di sini). Aku pernah dibawa menikmati malam di sebuah warung remang (hanya pakai lampu teplok) sambil mencicip kue gorengan dan kopi. Warung itu letakknya di pojok jalan (simpang empat, kalo ga salah) dekat dengan Primagama Solo. Jalan aku lupa. Mbak tau kan? Jalan mana, ya?
    Aku pengin lagi ke sana kalau ga digusur.

    Tabik!

    ReplyDelete
  69. wah asik blu, jadi pengin traveling saya.. udah lama gak kemana2..

    ReplyDelete
  70. jd semangat nunggu bedug....

    salam kenal ya mbak...

    ReplyDelete
  71. Wah Solo, gw juga kemarin baru posting travelog ke Solo nih. Nasi Liwet SoBar, wah jaman kuliah dulu sering nongkrong di sana, sebelum tugu pandawa lahir. Hehehehe.

    ReplyDelete
  72. Wah-wah-wah... sungguh menggiurkan...
    Srrruuulllppppssss.....!!!

    ReplyDelete
  73. paling terkenang ke solo pas masih muda dulu. areng sama temen2 menggelandang. kebetulan pake kaos arema, pas di tengah pasar klewer ketemu sama fans persijatim solo fc. akhirnya tukar menukar kaos di tengah keramaian pasar. hehehehehheheeee......
    terakhir ke solo dua tahun lalu... makan nasi liwet jugah :D
    :D enak-enak

    ReplyDelete
  74. iya... salam kenal balik..
    kok gak mampir ke tempat saya... waktu ke solo...

    ReplyDelete
  75. lama tidak makn nasi liwet di solo.. solo makananya enak, murah... solo the spirit of java. solo ora tau turu. banyak jajanan tengah malam yang masih bisa dinikmati.. cuami

    ReplyDelete
  76. kemaren niatan buat makan nasi liwet kesampean juga gara2 baca ulisan ini, so maw g mau hrs pulang ke solo.tolong kasih info tempat makan yg asik di batu dong, soalnya gw sering brkunjung ke tmpt sodara di sana.
    thanks....

    ReplyDelete

Jenk, Tuan ..
Terimakasih ya

 

Jenk Dhetea Template by Ipietoon Cute Blog Design